Yamaha V Max

Salah satu produk andalan pabrikan dari negara sakura ini adalah Yamaha V-Max, motor bongsor kelas power cruiser ini adalah hasil karya designer Inggris bernama John Reed yang dikontrak oleh Yamaha, dan motor V-Max pertama dikeluarkan pada tahun 1985 dan langsung mendapatkan penghargaan Bike Of The Year dari majalah Cycle Guide. Generasi penerusnya (yang sekarang disebut VMax) adalah motor keluaran tahun 2009 ini. Mengusung mesin  4 silinder berkonfigurasi V, dengan DOHC dan berkapasitas 1.679 cc menghasilkan tenaga sebesar 174,3 HP @ 9.000 rpm dan torsi sebesar 153 N.m @  6.600 rpm.

Motor dengan berat sekitar 315 kg !! dan panjang kurang lebih 2,4 m memang agak sulit diajak manuever lincah seperti Ducati, tapi memang ‘tongkrongannya’ gak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi pemilik motor ini langsung mengganti semua body partsnya dengan carbon fiber parts dan shock depan dan belakang diganti dengan shock absorber yang lebih rendah.

Kalau diperhatikan dengan cermat Ducati Diavel dan Yamaha VMax ini ada kemiripan dari segi designnya.. Air scoop disamping kiri dan kanan yang ‘mirip’, knalpot/exhaust pendek keluaran dua lubang tiap sisinya (bedanya Diavel hanya sebelah kanan saja, sedangkan VMax disebelah kiri dan kanan), riding position yang notabene memang ‘satu gaya’..cruiser.

Tapi menurut pendapat penulis (yang proporsi badan sedikit abnormal..alias kecil dan pendek), motor ini sangat sulit untuk dikendarai, steering terasa berat pada saat kecepatan rendah dan power mesin terlalu liar terutama di putaran bawah..bahkan kalau kita tidak hati-hati buka gas, bisa-bisa badan terpental kebelakang terkena gaya akselerasi yang tinggi.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s