Ducati Superbike 848

Motor Superbike 848 Nicky Hayden Edition livery. Motor ini mempunyai kapasitas 848cc dengan tenaga sebesar 134hp@10.500rpm dan torsi 10kgm@9.500rpm. Berbeda dengan ‘abang’nya, 1098/1198 yang mempunyai power band lebih lebar (sampai 180hp @9.750 dan torsi 13,7kgm @7,750rpm), superbike ini tidak mengaplikasikan DTC (Ducati Traction Control) dan oleh karena motor ini mengaplikasikan system kopling pelat basah maka tenaganya relative tidak seganas 1098/1198 dan masih bisa dikontrol dengan tangan yang sensitif. Oleh karena itu juga motor ini dikeluarkan oleh Ducati untuk menampung permintaan akan varian superbike untuk pemula (entry level).

Selain sebagai entry level masuk kelas superbike untuk pemakaian di track, karena kapasitasnya yang lebih kecil sehingga mesinpun tidak terlalu panas kalau dipergunakan untuk stop and go, maka motor ini sangat cocok juga untuk dipakai dalam kota dengan sedikit ada perasan arogan saat menungganginya. Tidak bisa dipungkiri memang, seperti anda bisa lihat sendiri, betapa ‘sexy’nya lekukan-lekukan yang ada pada motor ini, dari posisi lampu depan, air intake ganda, badan ramping, aplikasi single swing arm, sampai buritan yang bahenol.

Karena pemakaian motor ini lebih sering dipakai untuk riding didalam Jakarta, mungkin sekali-kali keluar kota dan jarang sekali dibawa pemiliknya ke track balap, maka modifikasi yang dilakukan pada superbike ini lebih difokuskan pada penampilannya, seperti pemasangan sport line grips, end caps dan fluid tanks dari Rizoma, STM 30mm clutch slave, Arrow twin exhaust dan kaca spion kiri kanan dari Ducati Performance.

Comments
  1. Stevan Wahjudi says:

    Dude, it’s STM 30MM clutch sleeve (NOT SLAVE) 😀

    • desmocorner says:

      Clutch sleeve refers to a hub with inner gears, bearings and shift forks. Whereas clutch slave refers to the pump controlled by the master clutch (hence the term master and slave) which pushes the clutch axle to free the clutch plates.😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s