Ducati Superbike 749R

Seperti pembaca ketahui bahwa biasanya Ducati megeluarkan varian Superbike nya dalam 3 versi, versi biasa, versi S dan versi R. Untuk varian 749 juga demikian, ada yang versi 749, versi 749S (menggunakan Ohlins untuk suspensi depan dan belakang) dan versi 749R (track ready, menggunakan Ohlins, dan jeroan didalam mesin sudah menggunakan parts untuk racing).

Mesin konfigurasi L kembar Testastretta dengan kapasitas 749cc ini menghasilkan daya sebesar 117,6 Hp @ 10.250 rpm dan torsi sebesar 81,5 Nm @ 8.250 rpm (terukur di crankshaft). Dengan bobot total seberat 194,7 kg membuat motor ini cukup stabil pada saat ‘high speed cornering‘ dengan tetap mempertahankan propulsi denyut ciri khas Ducati.

Karena motor 749R ini dibuat khusus untuk balap sehingga lebih sering menghadapi kondisi-kondisi ekstrim di track, maka pengecekan rutin harus lebih sering dilakukan (termasuk clutch system, brakes, bearings dan torsi mur dan baut pada mesin) dibanding dengan motor lain yang diperuntukkan khusus untuk jalan raya.

Yang jelas karena motor ini sudah termasuk salah satu top of the line dari varian ini, maka modifikasi tidak perlu banyak dilakukan, kecuali untuk mendongkrak penampilan. Pemakaian fluid tank dari Rizoma, pemasangan clutch slave pump keluaran STM Italy agar kopling jadi ringan di tangan. Selain itu pressure plate berikut clutch covernya dan juga timing belt cover keluaran Rizoma akan dipasang pada motor (masih dalam perjalanan dari sono)…ciamik!

Varian Superbike 749 maupun 999 ini merupakan varian yang paling cepat diganti oleh Ducati dibanding varian Superbike lainnya seperti 916 maupun 1098. Varian 749 dan 999 ini diproduksi dan dikeluarkan dari tahun 2003 sampai tahun 2006 saja. Beberapa berpendapat bahwa varian ini termasuk yang gagal (dari segi penampilan, bukan mesin), tapi ada juga yang berpendapat bahwa varian ini adalah yang tercantik dari semua Superbike Ducati…so either you love it or you hate it, nothing in the middle, semua itu tergantung dari selera masing2 yang melihatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s