Ducati Superbike 748

Jamal mengendarai motor Ducati Superbike 748 warna merah Ducati dengan emblem Infostrada (livery motor balap Ducati di kejuaraan World Superbike Championship jamannya Carl Fogarty). Troy Bayliss pun sempat menggunakan livery ini sebentar sebelum pindah ke FILA. Motor dengan kapasitas mesin 748 cc ini menghasilkan daya sebesar 97 HP @ 11,000 rpm dan menghasilkan torsi sebesar 74 Nm @ 9,000 rpm.

Motor superbike 748 ini mengambil platform dari motor legendaris Ducati yaitu Superbike 916 tapi dibuat dengan kapasitas mesin lebih kecil supaya bisa ikut juga di kejuaraan World Supersport yang peraturannya membatasi mesin dengan kapasitas maksimum 600 cc untuk 4 silinder, kapasitas 675 cc untuk 3 silinder dan kapasitas 750 cc untuk 2 silinder. Oleh karena itu riding position dan handling motor ini tetap dipertahankan oleh Ducati karena telah terbukti bahwa platform SBK 916 tersebut cukup kompetitif bahkan bisa menjuarai balapan international.

Superbike 748 ini menggunakan carbon exhaust dari Termignoni, beberapa parts fairing yang juga menggunakan carbon fiber keluaran Ducati Performance. Clutch slave menggunakan produk STM Italy agar kopling yang sudah menggunakan slippery clutch ini tidak terasa berat di tengah kemacetan Jakarta. Fluid tank dan Clutch Cover standard diganti dengan produk Rizoma warna hitam untuk rem dan kopling (tidak terlihat karena foto diambil sebelum pemasangan), sedangkan Clutch Springs dan Cap standard diganti menggunakan produk Speedymoto, agar slippery clutch nya terlihat lebih manis…(tebu kalee..)

Sebelum mengendarai Ducati Superbike 748 ini Jamal menggunakan motor Cagiva Mito 125 yang memang tampilannya sangat mirip dengan seri superbike ini, itu juga merupakan salah satu alasan mengapa dia pilih SBK 748 sebagai motor tunggangannya.

Pada saat membeli motor ini, sebagai pemakai baru motor Ducati, rider ini tadinya belum ‘kepincut’ mendengar suara nyaring yang dihasilkan dry clutch Ducati yang merupakan salah satu bunyi ciri khas pabrikan motor Italy ini. Setelah bergaul dengan sesama rider Ducati dan akhirnya memahami ciri khas motor Ducati maka rider ini baru mau mengganti clutch cover tertutup standard motornya dengan model aftermarket yang rata-rata memang terbuka agar bunyi ‘kincring-kincring’ (suara seperti alat yang dipakai pengamen jalanan) itu terdengar. Welcome to the club bro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s