Ducati Monster 400 MY2002-O

Osman ‘London’ mengendarai motor Ducati Monster 400 MY2003, sama seperti Ducati lainnya mesin M400 ini menggunakan teknologi desmodromic sebagai penggerak klep masuk dan keluarnya. Dengan kapasitas 398 cc walaupun tidak menghasilkan horse power sebesar Ducati lainnya (karena mesin ini adalah yang paling kecil kapasitasnya untuk motor Ducati) tapi ciri khas torsi besar pada putaran bawah sampai atas tetap terasa.

Bagi banyak pemilik motor Ducati di Jakarta, motor M400 ini banyak diminati untuk pemakaian sehari-hari, karena bobotnya yang ringan, enak diajak bermanuver didalam kota, mesinnya relatif  ‘adem’ dan maintenance yang relatif mudah. Pemiliknyapun mempunyai pendapat yang sama, makanya motor ini dipergunakan untuk transportasi Osman kesegala penjuru Jabodetabek menghindari kemacetan jalan yang semakin parah.

M400 ini jika dipergunakan untuk keperluan touring keluar kotapun masih cukup mumpuni, walaupun disaat/kondisi tertentu dimana jalanan cukup panjang dan lapang sehingga ada kesempatan untuk buka gas lebar-lebar, maka M400 ini masih suka ketinggalan oleh motor-motor Ducati lain yang kapasitas mesinnya rata-rata diatas 600cc. Tapi pada saat tikungan-tikungan tajam, rider ini bisa dengan gemulai mengibas bokongnya (Monster, bukan bokong Osman) ini kiri dan kanan.

Osman menerapkan modifikasi yang minimalis karena bentuk dan penampilan M400 miliknya ini sudah cukup memuaskan. Exhaust model ‘low mount’ keluaran Termignoni terpasang agar suara mesin ‘low tone’ (nada rendah) khas Ducati dapat terdengar. Sein depan dan belakang dipasangi LED dari Oxford dan tutup tangki bensin model Ducati Performance.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s