Ducati Monster 1100

Ervin mengendarai Monster 1100, motor ini adalah varian Monster generasi kedua (bukan face lift) dari pertama kali varian Monster dikeluarkan tahun1992. Monster generasi kedua ini dikeluarkan setelah Monster S4R Testastretta tahun 2007, dimulai dengan tipe Monster 696 kemudian Monster 1100 dan terakhir (sampai saat ini) model Monster 796.

Monster 1100 dengan berat kosong 169kg ini menggunakan mesin 1100DS (Dual Spark) sama seperti yang dipergunakan Multistrada 1100DS, dengan konfigurasi L, desmodromic dan kapasitas 1078cc. Berbeda dengan varian lain sebelumnya yang menggunakan Magneti Marelli/Weber sebagai supply bahan bakarnya, maka Monster 1100 (sama dengan Monster 696) ini menggunakan produk Siemens.

Perbedaan mencolok antara M696 dan M1100 selain pemakaian mesin dengan kapasitas yang berbeda adalah penggunaan single swing arm belakang pada M1100, bagi banyak orang penggunaan single swing arm ini mendongkrak penampilan Monster tersebut secara cukup signifikan. Oleh karena itu model Monster berikutnya yaitu M796 pun mengadopsi single swing arm sebagai perlengkapan standardnya.

Kalau dibandingkan dengan Monster generasi pertama, riding position dari Monster ini lebih cenderung berat kedepan. Maksudnya posisi jok dengan handle bar lebih dekat dan lebih maju kedepan dibanding yang lama, oleh karena itu motor ini sangat gesit di tikungan dan otomatis rider akan merasa lebih yakin dengan grip roda depan motor ini.


Perbedaan dengan Monster lama juga terdapat pada tangki bensin motor ini yang terletak di dalam ‘kondom’ yang terlihat seperti tangki bensin. ‘Kondom’ (yang terbagi atas bagian kiri dan kanan) tersebut terbuat dari reinforced fibre glass, sedangkan tangki yang sebenarnya terbuat dari campuran plastik teflon komposit.

Modifikasi yang dilakukan pada Monster ini adalah pemakaian sportline grips,  end caps, fluid tanks, spion kiri kanan, lampu sein belakang, engine guard, preasure plate dan clutch cover, semua produk Rizoma. Sama seperti pemakai Ducati lainnya, modifikasi pada motor ini akan dilakukan secara bertahap karena penampilan standardnya pun sudah cukup memuaskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s