Amos Rides to Vegas

Posted: 23 September 2011 by Tuan Amos in Activities

Pada tanggal 1 September 2011 kemarin team Amos mencoba tour/ride dari Los Angeles menuju Las Vegas, Amerika Serikat. Dengan bekal full riding gear dan 4 motor Ducati, team DC yang terdiri dari Dayan, Kemal, Ramos dan Stevan mengendarai Ducati Multistrada 1200, Diavel, SBK 848evo dan SBK 848 berangkat dari Los Angeles pukul 10.00 pagi waktu setempat.


Karena team sudah biasa mengendarai motor Ducati maka tidak perlu melakukan penyesuaian, kecuali penyesuaian terhadap jalanan di negara tersebut yang berbeda arah jalurnya. Untungnya Stevan adalah ‘penghuni’ lama negara Paman Sam tersebut (sudah 18 tahun tinggal di sana) jadi Stevan ditunjuk sebagai Ride Leader/Road Captain untuk memimpin arah perjalanan kita semua.

Suhu udara di Los Angeles relatif ‘adem’ pas berangkat, kira-kira 85″F atau sekitar 29,4″C, namun udara di sana relatif kering atau tingkat humiditasnya rendah. Oleh karena itu pada saat briefing team diingatkan untuk selalu banyak minum setiap ada kesempatan.

IMG_7424

Setelah sampai di highway 15, perjalanan terasa sedikit membosankan karena jalanan hanya luruuuus aja… speed limit/batas kecepatan di jalur tersebut adalah 70 mph atau sekitar 110 kpj, tapi karena jenuh dan kita lihat jarang ada polisi maka sekali-kali kita genjot sampai 140 mph atau sekitar 220 kpj. Namun karena angin digurun pasir tersebut lumayan kencang dan kadang-kadang terlihat dari kejauhan ada mobil polisi dengan ‘radar gun’ menunggu ‘speeders’ yang melintas, maka kecepatan 140 mph tersebut tidak kita pertahankan lama-lama.

Road to Vegas_2

 

 

 

Kebiasaan riding di Jakarta kita bawa kesana, penting bagi kita adalah selain mengisi bensin pada motor tapi juga sekalian mengisi asap ke paru-paru..haha.. Jadi, selama perjalanan ke Vegas tersebut kita berhenti 4 kali, untuk isi bensin, makan siang dan minum air yang banyak. Pada titik tertentu dalam perjalanan ke Vegas tersebut kita melewati sebuah lembah kecil yang jalanannya menurun dan menanjak naik lagi, tercatat suhu udara disitu sampai 122″F atau sekitar 50″C !!

IMG_1246

 

Setelah menempuh perjalanan selama sekitar 6 jam maka sampai juga team di Las Vegas. Terlihat pada odometer motor jarak yang kita tempuh dari Los Angeles ke Las Vegas adalah sekitar 298 mil atau sekitar 480 km, berarti perjalan pulang pergi Los Angeles – Las Vegas menempuh jarak kurang lebih 1000 km (plus muter-muternya). Sesampainya di Las Vegas kita langsung menuju ke Hard Rock Hotel and Casino untuk check in dan menyegarkan diri sebelum ketemu dengan temen2 kita dari New York yang sudah lebih dulu sampai disana. Baru setelah itu kita pergi makan malam dan selanjutnya jadi touris di Las Vegas – The Sin City.

malibu-beach5

Kalau ada yang bertanya “..motor apa yang paling enak digunakan ?” jawabannya pasti memang relatif, tapi dari pengamatan penulis, untuk penggunaan ‘high speed‘ handling pasti lebih enak menggunakan tipe superbike seperti 848 Evo ini. Namun bagi yang tidak biasa, tipe superbike ini sedikit ‘menyiksa’ punggung, pergelangan tangan dan leher bagian belakang pengendaranya kalau digunakan untuk tour jarak jauh. Tapi pada saat masuk highway menuju/keluar dari Las Vegas dimana tiupan angin sangat kencang, lekukkan body yang streamline dari tipe superbike ini sangat membantu membelah angin, dan tentu pada saat jalanan berliku-liku (seperti di Topanga Canyon) tipe superbike ini sangat ‘nurut’ diajak¬†maneuver. Sedangkan untuk tipe Diavel, pada saat melaju diatas 140 kpj, angin dari depan membuat pengendara harus berpegangan extra kuat pada handlebar agar tidak tersapu angin dari depan. Keuntungannya adalah riding position dari Diavel ini sangat nyaman untuk perjalan sedang maupun jauh. Begitupun untuk tipe Multistrada 1200, tapi bagi pengendara yang pas-pas an tingginya (seperti penulis ini), tipe MTS1200 ini agak sulit dikendarai karena posisi tempat duduknya cukup lumayan tinggi.

 

 

 

Comments
  1. ekowd says:

    mantaappp!!! Next time lewat Palm Spring. Kan enak tuh abis panas2 lewat gurun, naik kereta gantung ketemu salju diatas gunung (kalo lagi ada). Mampir Grand Canyon dulu sebelum ke Sin City

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s