Suspensi Motor (part 4)

Posted: 23 September 2010 by Tuan Amos in Meccanica

Perawatan Suspensi


Perawatan berkala yang perlu dilakukan pada sistem suspensi dilakukan pada 3 bagian utama secara urutan dimana bagian tersebut akan mengalami kerusakan atau penurunan kualitas, yaitu oli, seal dan per spiral.

Banyak faktor yang akan membuat suspensi anda berkurang performanya. Misalkan karena adanya perpindahan fluida, pelenturan shim-shim dan gesekan-gesekan secara konstan dan terus menerus didalam tabung suspensi, volume oli yang berkurang akibat penguapan dari panas akibat gesekan-gesekan tersebut dan juga kontaminasi oleh kotoran/ debu yang masuk dari seal-seal karet suspensi. Semua hal tersebut ditambah dengan waktu akan mengakibatkan oli pada suspensi anda mengalami degradasi kualitas dan/atau viskositas oli yang sudah tidak sesuai lagi. Dengan perubahan kualitas dan/atau viskositas oli tersebut otomatis suspensi tidak akan bekerja secara optimum.

Oleh karena kondisi tersebut diatas, perawatan yang penting namun banyak diabaikan oleh orang banyak adalah penggantian oli suspensi tersebut secara berkala. Bengkel-bengkel resmi motor Jepang yang ada di Indonesia pun menganjurkan penggantian oli suspensi secara berkala. Di Eropa, Amerika dan Australia, dengan pemakaian motor untuk keperluan sehari-hari dan kondisi seal yang baik, interval penggantian oli mereka lakukan setiap 1 tahun sekali. Selain ukuran waktu Ducati juga mengaplikasikan sistem pengukuran jarak, sehingga penggantian oli suspensi dilakukan setiap 9.000 mil atau kurang lebih 15.000 km.

Sama pentingnya dengan perawatan motor tersebut secara keseluruhan, salah satu alasan pentingnya perawatan suspensi secara berkala adalah karena memang relatif lebih murah untuk mengganti oli suspensi dibanding dengan kerusakan yang bisa terjadi akibat pemakaian suspensi dengan kualitas yang sudah tidak bagus. Alasan lain adalah karena dengan melakukan perawatan tersebut, pengendalian motor secara umum akan kembali terasa lebih responsif, relatif seperti baru.

Seal-seal karet pada bagian bawah suspensi (untuk tipe upside down) terpasang untuk menahan debu masuk dan oli keluar ke dan dari sistem suspensi. Secara umum seal-seal tersebut terbuat dari karet atau polyurathene komposit yang secara otomatis akibat waktu dan kondisi akan mengalami degradasi kualitas juga. Oleh karena itu kalau kondisi seal secara fisik terlihat kurang baik untuk dipergunakan lagi, sebaiknya pada saat penggantian oli suspensi seal-seal tersebut diganti juga.

Karena per spiral pada suspensi yang secara umum terbuat dari campuran besi, chrome dan vanadium mengalami proses tekanan dan renggangan secara konstan juga, maka penggantian per spiral tersebut biasa dilakukan dalam periode 1 kali dalam 2-3 tahun, tergantung frekwensi dan beban pemakaian. Perlu diingat bahwa ukuran per spiral yang diberikan oleh pabrikan adalah ukuran rata-rata untuk bobot orang secara umum, maka pada saat penggantian per spiral yang baru sebaiknya penggantian disesuaikan dengan bobot pengendara dan pemakaiannya.

Secara umum anda tidak akan merasakan perubahan degradasi kualitas suspensi anda dari keadaan baru sampai saat sekarang ini karena penurunan kualitas tersebut terjadi secara perlahan-lahan dan berangsur-angsur. Tapi anda pasti akan merasakan perbedaan perubahan kualitas handling yang terjadi saat anda mengganti oli atau per spiral suspensi anda dengan yang baru.

Sebagai contoh, seorang rider merasa motornya terlalu rendah karena bagian bawah motornya sering terbentur polisi tidur, tapi dia tidak merasa ada perubahan dari segi handling motor tersebut. Setelah fork depan dibongkar maka terlihat kerusakan seperti gambar diatas dan juga tercium bau sangit/busuk, yang merupakan sebuah indikasi bahwa kondisi oli suspensi tersebut sudah sangat buruk. Setelah diperbaiki, diservis (dibersihkan, ganti oli, setel ulang) dan terpasang kembali pada motor, barulah rider tersebut bisa merasakan handling yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Selesai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s