Suspensi Motor (part 3)

Posted: 20 September 2010 by Tuan Amos in Meccanica

Cara mengukur Total Sag dan Static Sag.


1. Mengukur suspensi depan:

Pastikan shock pada posisi tidak terbebani kemudian ukur jarak. Hasil ini adalah L1.

Bebani shock dengan bobot motor tersebut dan juga bobot pengendaranya dengan cara duduki motor tersebut, kemudaian ukur jaraknya lagi. Hasil ini adalah L2.

Gunakan rumus SAG = L1-L2

Total Sag yang ideal untuk pemakaian sehari-hari adalah antara 30 – 35mm, sedangkan SAG yang ideal untuk pemakaian di track/balapan adalah antara 23 – 25mm.

2. Mengukur suspensi belakang:

Pastikan shock pada posisi tidak terbebani kemudian ukur jarak. Hasil ini adalah L1.

Bebani shock dengan bobot motor tersebut dan juga bobot pengendaranya dengan cara duduki motor tersebut, kemudian ukur jaraknya lagi. Hasil ini adalah L2.

Gunakan rumus SAG = L1-L2

Total Sag yang ideal untuk pemakaian sehari-hari adalah antara 30 – 35mm, sedangkan SAG yang ideal untuk pemakaian di track/balapan adalah anatara 23 – 25mm.

Gunakan cara dan rumus yang sama untuk mengukur dan menghitung Static Sag. Hasil perhitungan Static Sag yang ideal untuk pemakaian sehari-hari adalah antara 5 – 15mm, sedangkan untuk penggunaan balap/track adalah antara 0 – 5mm.

Masalah yang timbul dan cara memperbaikinya.


Perlu diketahui bahwa suspensi motor anda bekerja paling aktif pada saat anda berada di tikungan, bukan pada saat pengereman (seperti yang diperkirakan orang secara umum). Memang saat pengereman suspensi akan bekerja berat menahan beban motor dan pengendaranya untuk sesaat, tapi pada saat menikung suspensi akan bergerak secara aktif menghadapi gejolak-gejolak kecil pada jalanan, menahan beban sentrifugal motor dan pengendaranya secara terus menerus selama berada di tikungan tersebut. Suspensi yang baik/cocok dengan motor dan pengendaranya akan menghindari terjadinya kondisi ‘bottom out’ pada suspensi dan juga mempertahankan kondisi dimana motor tetap nyaman digunakan selama perjalanan.

Berikut adalah masalah-masalah atau keadaan-keadaan tertentu yang timbul pada saat motor dikendarai, akibat tidak sesuainya pengaturan suspensi pada motor anda dan juga beberapa cara sederhana untuk memperbaiki pengaturan tersebut.

Pada saat memasuki tikungan, sulit untuk dibelokkan/melebar di tikungan/over steer.

  1. Kurangi Pre-Load.
  2. Kurangi Compression.
  3. Naikkan ketinggian suspensi belakang atau turunkan ketinggian suspensi depan.

Pada saat memasuki tikungan, terlalu cepat menukik di tikungan/under steer:

  1. Tambahkan Pre-Load.
  2. Tambahkan Compression.
  3. Naikkan ketinggian suspensi depan atau turunkan ketinggian suspensi belakang.

Pada saat didalam tikungan, suspensi depan cenderung mendorong motor pada saat pengereman/trail braking

  1. Tambahkan Pre-Load/Compression untuk suspensi depan.
  2. Tambahkan Rebound untuk suspensi belakang.

Pada saat didalam tikungan, suspensi depan cenderung mendorong motor pada saat buka gas

  1. Kalau posisi Sag sudah benar, tambahkan Rebound untuk suspensi depan.
  2. Tambahkan Pre-Load untuk suspensi belakang.

Pada saat keluar dari tikungan, dapat bertahan digaris tikung tapi suspensi belakang cenderung berayun-ayun.

  1. Tambahkan Rebound untuk suspensi belakang.

Pada saat keluar dari tikungan, sulit bertahan digaris tikung dan suspensi belakang cenderung berayun-ayun.

  1. Tambahkan ketinggian suspensi belakang.
  2. Tambahkan Pre-Load suspensi belakang.

Pada saat keluar dari tikungan, sulit untuk dibelokkan/melebar di tikungan/over steer.

  1. Tambahkan Compression pada suspensi belakang.
  2. Tambahkan Pre-Load pada suspensi belakang.

Pada saat keluar dari tikungan, ban belakang cenderung spin secara ekstrim

  1. Kurangi Pre-Load atau kurangi ketinggian suspensi belakang

Pengaturan preload, compression/rebound

Bersambung………..part 4


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s