Suspensi Motor (part 2)

Posted: 13 September 2010 by Tuan Amos in Meccanica

Metode Kerja Suspensi

|

Secara umum komponen dasar dari sebuah suspensi motor adalah tabung suspensi, poros suspensi, per spiral, katup-katup, shims (pelat besi yg meregulasi alur oli) bladder/balon berisi gas nitrogen dan oli khusus untuk peredam kejut tersebut.

Cara kerjanya adalah katup-katup beserta pengaturnya akan meregulasi kecepatan perpindahan oli didalam tabung akibat tekanan pada suspensi tersebut oleh beban pemakaian motor, gas nitrogen berguna untuk membantu mengatur compression dan juga menekan panas yang timbul akibat perpindahan energi yang terjadi dalam suspensi tersebut, sedangkan per spiral akan membantu menahan beban motor dan pengendara pada saat pemakaian.

Suspensi motor (baik yang depan maupun belakang) telah dirancang agar per spiralnya selalu dalam keadaan tertekan/terkompres, walaupun suspensi tersebut belum terpasang pada motor atau belum diberi beban apapun.

Pengaturan Suspensi

Berikut adalah penjelasan dasar istilah-istilah yang digunakan pada suspensi dan cara paling dasar mengatur suspensi agar sesuai dengan motor dan pengendaranya. Oleh karena setiap motor yang sudah dimodifikasi pasti mempunyai perbedaan dari segi distribusi bobot masing-masing motor tersebut, dan juga karena setiap rider juga mempunyai berat badan yang berbeda dan cara pengendalian motor yang berbeda juga maka pengaturan suspensi sangatlah penting untuk mendapatkan kerja suspensi yang paling cocok untuk motor dan pengendaranya.

Pre-Load

Pengaturan per spiral pada suspensi dilakukan dengan cara mengatur pra beban (pre-load), pengaturan ini digunakan untuk mendapatkan posisi ideal awal dari suspensi dengan adanya beban motor dan pengendaranya berada diatas motor tersebut.

Static Sag dan Total Sag.

Yang disebut dengan ‘Static Sag’ adalah perbedaan antara jarak pergerakkan suspensi pada keadaan tidak terbebani (contohnya suspensi yang belum terpasang pada motor) dan keadaan terbebani oleh motor itu sendiri.

Yang disebut dengan ‘Rider’s Sag’ / ‘Total Sag’ adalah perbedaan antara jarak pergerakkan suspensi pada keadaan tidak terbebani (contohnya suspensi yang belum terpasang pada motor) dan keadaan terbebani oleh motor itu sendiri ditambah beban dari pengendara diatas motor tersebut.

Pengaturan ‘Total Sag’ dilakukan agar terhindari terjadinya posisi ‘bottom out’ atau keadaan dimana suspensi tertekan sampai mentok di posisi bawah (tidak bisa turun lagi) pada saat motor tersebut sedang dikendarai, dan juga untuk menghindari terjadinya posisi ‘topping out’ atau keadaan dimana suspensi tertarik sampai mentok pada posisi teratas dan tidak bisa naik lagi.

Apa yang dimaksud dengan COMPRESSION? Compression adalah total daya (termasuk daya kinetik akibat laju motor) yang mendorong suspensi turun yang menyebabkan posisi shock tertekan/terkompresi.

Apa yang dimaksud dengan REBOUND? Rebound adalah total daya (termasuk daya kinetik akibat laju motor) yang menarik suspensi naik yang menyebabkan posisi shock tertarik.

Apa yang dimaksud dengan LOW SPEED & HIGH SPEED COMPRESSION atau REBOUND?

Yang dimaksud adalah kecepatan pergerakkan yang terjadi pada poros shock tersebut yang menyebabkan suspensi terkompresi atau tertarik.

Low speed compression mengatur tekanan shock pada saat pergerakkan poros relatif pelan contohnya pada saat motor melaju di jalanan yang bergelombang lembut dan motor melaju relatif lambat.

High speed compression mengatur tekanan shock pada saat pergerakan poros relatif cepat contohnya pada saat motor melaju di jalanan rusak/kondisi jalanan yang sangat bervariasi atau juga pada saat transisi motor dari akselerasi ekstrim ke pengereman ekstrim dan/atau sebaliknya.

Bersambung……..part 3


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s